Kamis, 04 April 2013

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong


Pantai Ngandong, Ingin merasakan pantai yang indah, sejuk, dan masih alami? disini lah tempatnya, pantai ngandong. Tidak aneh lagi Yogyakarta sebagai tempat tujuan bagi traveler dari berbagai pelosok nusantara, bahkan pun juga melancong kesana. Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya dan wisata. Biasanya para wisatawan pergi ke Pantai Parangtritis, pantai yang paling terkenal di kota itu. Tapi karena saya orangnya ga suka pergi ke tempat yang "crowded". Saya akhirnya mencari tempat yang sepi dan lebih nyaman untuk bertamasya.


Setelah search di mbah google, ada nih pantai selatan di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Katanya disana banyak pantai yang bagus-bagus. Lalu saya pergi kesana dengan membawa beberapa teman. Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau di sebelah barat dari Pantai Sundak. Perjalanan dari Kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di sana.



Jalan kesana berliku-liku dan melewati bukit bukit. jalan  menuju pantai ini tidaklah mudah. Anda harus melewati jalanan berbatu dan juga pohon-pohon besar di kiri-kanan. Akan tetapi, rasa lelah tersebut akan hilang seketika saat Anda menginjakan kaki di Pantai Ngandong.


Pantai ini memang tidak terkenal seperti Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona dari pantai ini dapat Anda buktikan sendiri. Pantai landai dengan butiran pasir putih akan menyambut kedatangan Anda di sana. Di depan mata, ada lautan biru dengan ombak yang relatif tenang. Dijamin, Anda tak akan sabar untuk bermain air di pinggiran pantainya.


Eits, jangan simpan kamera Anda saat berada di pinggiran pantai. Layangkan pandangan ke kiri dan kanan, ada perbukitan batu kars yang sangat indah. Warna hijau di bukitnya seolah menjadi pemandangan cantik saat berpadu dengan pasir putih dan lautan biru. Selain itu, ada juga batu-batu karang yang terletak di lepas lautan. Tempat yang istimewa bagi para fotografer!

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Pantai Ngandong untuk para wisatawan. Misalnya, sobat bisa menikmati panorama dan keindahan pantai dengan duduk di kursi yang memang sengaja disediakan oleh para pemilik warung atau kedai yang berdagang di tepi pantai. Dengan begitu, sobat pun dapat mengawasi putera-puteri sobat yang sedang bermain pasir dan berenang di pantai dengan airnya yang cukup bersahabat.


Pantai Ngandong juga merupakan tempat berlabuhnya para nelayan setempat. Disini pengunjung bisa menikmati aneka hidangan seafood segar di tepi pantai. Bila ingin membawa sebagai oleh-oleh, pengunjung bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.






Meski tidak luas, Pantai Ngandong akan sangat memanjakan Anda. Pantai ini relatif sepi dari wisatawan, sehingga Anda bisa bersantai dengan puas sambil ditemani alunan deru ombak.




Bersantai di Pantai




Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Oleh sebab itu, sunset yang cantik akan menyempurnakan hari Anda di sana. Saat matahari tenggelam, langit berubah warna menjadi kuning dan jingga. Cahaya senjanya juga menyinari pasir-pasir putih di pantainya. Sungguh, pemandangan yang menawan. Inilah si cantik yang tersembunyi di Gunungkidul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar